Selasa, 04 Mei 2010

Preservasi anggur

Anggur segar kemasan semakin digemari konsumen yang menyukai rasa dan manfaat kesehatannya. Untuk menjaga kesegaran dan kualitas buah itu, para peneliti mencari teknik preservasi anggur yang aman jika dibandingkan dengan teknologi konvensional.
Ilmuwan dari Amerika Serikat (AS) telah mengembangkan dan menguji teknik efektif baru yang menggabungkan pemakaian air panas, pencopotan tangkai daun dan modifikasi kemasan atmosfer untuk memperpanjang umur penyimpanan anggur.
Awalnya,dilakukann pemotongan tangkai daun 1-2 mm dari buah atau dengan menjaga keseluruhan tandan agar tetap utuh. Lalu potongan anggur dicuci dengan air klorin dan atau air panas, kemudian dikemas dalam nampan dilapisi selaput yang dapat ditembus terhadap gas. Anggur pun disimpan pada suhu 5 derajat Celcius hingga empat pekan.
Penggunaan air panas menyebabkan penyimpanan/ retensi oksigen yang lebih tinggi dan akumulasi karbon dioksida yang lebih rendah di dalam kemasan, tekstur anggur yang lebih kukuh, dan kualitas yang lebih baik. Selain itu, tingkat pembusukkannya lebih lambat dan tingkat populasi mikrobanya lebih rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar