Selasa, 04 Mei 2010

Teleskop terbesar didunia

Teleskop terbesar didunia akan dibangun di gurun utara Cile dengan memakan biaya US$1 miliar dan akan siap dipergunakan untuk mencari kehidupan ‘dunia lain’ yang mirip seperti yang kita alami.
Teleskop tersebut akan mengamati langit untuk mencari eksoplanet-planet di sekitar bintang-dan mengungkap misteribenda gelap dan energi gelap.
Cerro Armazones merupakan gunung setinggi 3.060 meter di bagian tengah gurun Atacama, Cile, sekitar 20 kilometer dari Cerro Paranal yang menjadi rumah bagi teleskop besar kedua milik DOSE (Dewan Obsrvarium Selatan Eropa). Amazones menjadi tempat favorit karena tingkat uap air yang rendah, jernihnya langit dikala malam, dan ke stabilan atmosfernya.
DOSE mendasarkan pilihan tempat untuk basis teleskop dari investigasi meteorologis komparatif yang ekstensif selama beberapa tahun. Mayoritas data yang dikumpulkan selama pemilihan situs basis teleskop akan diumumkan ke publik pada tahun ini.
Ukuran teleskop memungkinkan para peneliti untuk mengamati planet-planet yang mirip Bumi. Ia juga akan menguji fundamental fisika pada tingkat yang belum pernah dilakukan sebelumnya.
Teleskop akan mulai dibangun pada akhir 2010 dan ditargetkan untuk bisa digunakan pada 2018. Tahapan DOSE selanjutnya adalah membangun optik inframerah EELT dengan cermin primer berdiameter 42 meter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar